Cara Membuat Kincir Angin Dari Kertas HVS

ara membuat kincir angin dari kertas HVS

Di musim yang penuh dengan angin kencang ini, membuat kincir angin bisa menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan. Apalagi jika Anda melakukannya bersama dengan anak atau anggota keluarga Anda. Anda bisa membuatnya di halaman rumah dan meletakkannya di pagar. Untuk Anda yang tertarik, berikut ini ada cara membuat kincir Angin dari kertas HVS.

Sebelum memulai cara membuat kincir angin dari kertas HVS, ada beberapa peralatan yang perlu Anda persiapkan. Berikut daftar peralatannya:

  1. Kertas HVS
  2. Kertas warna
  3. Penggaris
  4. Alat tulis
  5. Kayu 30 cm dengan diameter yang mudah digenggam
  6. Cutter
  7. Gunting
  8. Double tape atau lem
  9. Kertas krep warna warni untuk hiasan
  10. Benang

Setelah Anda siap dengan peralatan di atas, selanjutnya langsung saja kita ikuti cara membuat kincir angin dari kertas HVS. 

  1. Pertama, buat kertas HVS menjadi persegi dengan cara menekuk bagian sisi kanan ke dalam sehingga membentuk segitiga.
  2. Potong bagian sisa dari kertas HVS nya dengan menggunakan cutter atau gunting
  3. Lakukan langkah 1 dan 2 hingga Anda mendapatkan jumlah kincir angin yang Anda inginkan
  4. Buat lingkaran dengan diameter 1 atau 2 cm pada kertas warna. Atau Anda dapat dengan mudah menempelkan tutup botol dan menggunting kertas warnanya
  5. Selanjutnya, dengan penggaris, berikan garis dari bagian sudut atas hingga sudut bawah sehingga membentuk garis diagonal yang menyilang di tengah kertas HVS. Anda bisa menggunakan pensil atau spidol yang tidak terlalu basah.
  6. Selanjutnya, gunting garis yang dibuat tadi hingga separuh dari jarak ke tengah persilangan. Jangan sampai menggunting terlalu jauh ke tengah kertas perseginya atau nanti kincir anginnya mudah sobek. Lakukan langkah ini di keempat sisinya
  7. Setelah semua bagian terpotong, putar kertas perseginya sehingga bagian runcingnya berada di atas dan di bawah
  8. Ambil sisi sebelah kanan dari bagian yang terpotong kemudian bawa ke tengah. Biarkan bagian atasnya melengkung, jangan ditekan dan tahan dengan jari di bagian tengah. Selanjutnya, putar kertas ke kanan kemudian lakukan kembali langkah yang sama hingga keempat lempengnya tertekuk.
  9. Agar tidak lepas, oleskan lem pada bagian kertas lingkaran kemudian rekatkan pada bagian tengah yang Anda tahan. Pastikan keempat lempengnya menyatu dengan bagian kertas melingkar kemudian tunggu hingga lemnya mengering.
  10. Setelah bagian kertas lingkaran mengering, buat lubang di bagian tengah kertas lingkaran dengan menggunakan cutter atau gunting.
  11.  Langkah berikutnya adalah membuat gagang atau pegangan dari kincir angin tersebut. Potong kayu yang sudah Anda siapkan. Untuk bagian porosnya dan bagian pegangan. Untuk bagian poros tidak usah terlalu panjang. Cukup mengikuti ketebalan dari kincir Angin yang sudah dibuat.
  12. Setelah memotong porosnya, buat penahan di bagian depan agar kincir tidak terjatuh. Caranya mudah, cukup gulung benang di bagian ujung hingga membulat. Kemudian ikat agar benang tidak lepas.
  13. Langkah selanjutnya, masukkan kincir kedalam poros dan satukan batang poros dengan bagian pegangan dengan mengikatnya menggunakan benang atau menggunakan lem
  14. Anda bisa menukar langkah nomor 12 dan 13 sesuai dengan mana yang paling mudah.
  15. Terakhir, hias bagian gagang dengan menggunakan kertas krep dengan cara bubuhi batangnya dengan lem atau double tape kemudian gulung kertas krep agar menyelubungi gagang. Potong sisanya agar rapi.

Kincir angin buatan sendiri dapat Anda mainkan bersama dengan anak atau keponakan Anda. Bagaimana? Mudah bukan cara membuat kincir angin dari kertas HVS? Anda bisa menggunakan kertas HVS bekas sebagai bahan dasarnya. Namun apabila Anda memiliki banyak kertas tak terpakai di rumah, Anda bisa menjualnya melalui UD Sregep.

UD Sregep yang memiliki situs resmi udsregep.com merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang pengolahan limbah kertas sehingga dapat digunakan kembali. Jangan khawatir, limbah kertas yang Anda berikan dijaga kerahasiaannya sehingga tidak akan terjadi kebocoran data berharga saat Anda mempercayakan pengolahan limbah tersebut pada UD Sregep.

Untuk berbagai informasi lebih lengkap lainnya, Anda bisa mengunjungi situs resminya. Jangan biarkan kertas bekas menumpuk di rumah atau di kantor Anda apalagi membakarnya sia-sia. Hubungi UD Sregep dan selesaikan permasalahan kertas Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.