Contoh Peluang Usaha di Lingkungan Sekitar

contoh peluang usaha di lingkungan sekitar

Ada banyak sekali contoh peluang usaha di lingkungan sekitar yang tergolong menjanjikan. Meskipun begitu, Anda perlu terlebih dahulu menyesuaikan bidang usaha apa yang mendukung untuk dijalankan.

Pastikan untuk mempertimbangkan juga beberapa hal penting, mulai dari modal, tingkat persaingan, dan kecenderungan masyarakat sekitar. Sebab, meski sebuah usaha masih jarang dijalankan, tetapi tetap ada kemungkinan tidak diminati karena masyarakat sekitar kurang membutuhkannya.

Daftar Contoh Peluang Usaha di Lingkungan Sekitar

Meski tinggal di pelosok desa sekalipun, sebenarnya tetap ada peluang usaha yang potensial untuk dijalankan. Untuk mengetahui apa saja contohnya, simak ulasan berikut ini:

1. Jualan Kue Tradisional

Meski ada bermacam kue dari luar negeri yang beredar di pasaran Indonesia, tetapi kue tradisional masih kerap dicari. Jenisnya ada beragam, mulai dari onde-onde, klepon, nagasari, kue lapis, cenil, getuk, dan sebagainya.

Kue tradisional paling potensial dijual di pagi hari. Apabila Anda tidak memiliki lapak, bisa menjualnya dengan berkeliling atau menitipkannya ke warung dan penjual di pasar yang mau diajak bekerja sama.

2. Tailor

Usaha tailor termasuk usaha yang kemungkinan besar akan tetap dibutuhkan sampai kapanpun meski sudah berkembang banyak konveksi. Selain menjahit kain menjadi pakaian jadi, sediakan juga layanan permak.

Di bulan Ramadhan, biasanya tailor selalu dibanjiri orderan, baik untuk membuat pakaian ataupun permak. Jangan khawatir, keuntungan dari jasa ini terbilang besar meski dijalankan dengan modal kecil.

3. Sewa Alat Pertanian Modern

Untuk mengefektifkan pengerjaan kegiatan pertanian, diperlukan alat-alat pertanian modern. Namun, karena keterbatasan biaya, akhirnya para petani memutuskan untuk tetap menggunakan alat-alat pertanian tradisional.

Berdasarkan masalah yang dipaparkan di atas, Anda bisa menjadikannya sebuah peluang usaha. Jenis usahanya adalah membuka tempat penyewaan alat-alat pertanian modern, seperti traktor,  cultivator, diesel, dan lainnya.

4. Ternak Ayam Kampung

Memang benar kebanyakan masyarakat saat ini lebih suka mengonsumsi ayam broiler karena tekstur dagingnya lembut dan tulangnya cenderung lunak. Meskipun begitu, penggemar ayam kampung sebenarnya juga masih banyak.

Faktor utamanya karena ayam kampung memiliki rasa lebih gurih dan lebih enak diolah menjadi lodho. Karena peternak ayam kampung semakin sedikit, peluang usaha dalam bidang terkait masih terbuka lebar. Menariknya lagi, perawatannya tidak terlalu sulit dan harganya lebih mahal dibanding ayam broiler.

5. Menyediakan Aneka Bibit Tanaman

Jika Anda bertempat tinggal di wilayah yang warga masyarakatnya gemar bercocok tanam, usaha paling cocok untuk dijalankan adalah penyedia aneka bibit tanaman. Bibit yang kemungkinan besar paling laku adalah cabai, daun jeruk, rempah-rempah, buah mangga, kelengkeng, durian, dan avokad.

Itulah daftar contoh peluang usaha di lingkungan sekitar yang keuntungannya termasuk bagus. Selain itu, usaha lain yang bisa dicoba adalah penyedia makanan ringan, BBM, warung kopi, gorengan, serta makanan jadi.